"Cyber Crime" di Indonesia Mengalami Peningkatan


Menurut perusahaan keamanan Symantec dalam Internet Security Threat Report yang dirilis tiap tahunnya. Dalam laporan ini dijelaskan beberapa ancaman terkini, varian virus, hingga beragam jenis serangan. Indonesia menempati peringkat 10 sebagai negara dengan aktivitas kejahatan cyber terbanyak sepanjang tahun 2011.
Di Indonesia sendiri pergerakan virus mungkin sudah masuk ke tingkat yang patut diwaspadai dengan menyumbang 2,4% kejahatan cyber di dunia Ini termasuk pertumbuhan virus, serangan cyber, hingga malicious code yang mencurigakan. Hal ini tak lain disebabkan oleh terus meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia. Terlebih, Indonesia masuk lima besar pengguna jejaring sosial terbanyak di dunia.
Berdasarkan penelitian Symantec, Indonesia juga tercatat menempati peringkat 6 di dunia untuk kategori program jahatspam zombie. Padahal pada 2010 lalu, Indonesia masih menempati peringkat 28 untuk spam zombie yang mengendalikan sebuah nomor telepon seluler di smartphone untuk menyebarkan SMS premium, demi mendapatkan keuntungan finansial. Sementara untuk kasus pencurian data dan informasi, Indonesia bercokol di posisi 27 setelah tahun 2010 lalu menempati urutan 30.
Sumber : http://www.alkode.net

Posting Komentar

 






lt;script type="text/javascript">