Jenis Kegiatan Hacking & Kemampuan Dasar Hacking

Jenis Kegiatan Hacking dapat kita golongkan menjadi 2 kegiatan.

1.  Social Hacking, yang perlu diketahui: informasi tentang sistem apa yang dipergunakan oleh server, siapa pemilik server, siapa admin yang mengelola server, koneksi yang dipergunakan jenis apa, bagaimana server itu tersambung internet, mempergunakan koneksi siapa, informasi apa saja yang disediakan oleh server tersebut, apakah server tersebut tersambung dengan LAN di sebuah organisasi dan informasi lainnya.

2.  Technical Hacking, merupakan tindakan teknis untuk melakukan penyusupan ke dalam sistem, baik dengan alat bantu (tool) atau dengan mempergunakan fasilitas sistem itu sendiri yang dipergunakan untuk menyerang kelemahan (lubang keamanan) yang terdapat dalam sistem atau servis. Inti dari kegiatan ini adalah mendapatkan akses penuh ke dalam sistem dengan cara apapun dan bagaimanapun.

Kemampuan Dasar Hacking

1.       Pelajari Bahasa Pemograman
Menguasai hanya satu bahasa pemrograman saja tidak akan mencapai tingkat kemampuan hacker atau bahkan seorang programmer, perlu belajar cara pemogramman secara umum, tidak bergantung pada satu bahasa mana pun, dengan menghubungkan apa yang ada di manual dengan apa yang telah Anda ketahui. Perlu mempelajari beberapa bahasa yang jauh berbeda dengan satu dengan yang lainnya. Bahasa-bahasa terpenting dalam hacking adalah Pyton, C, Perl dan LISP tapi paling baik sebetulnya mempelajari semuanya karena masing-masing mewakili cara pendekatan pemrograman yang berbeda tiap bahasa akan memberi pelajaran-pelajaran berharga.

2.       Kuasai Sistem Informasi
Pelajari sistem operasi, terutama Linux dan UNIX BSD karena sistem operasi tersebut yang paling banyak digunakan internet dan berperan penting dalam perkembangan internet. Lagi pula dengan Linux adalah sistem operasi Open Source. Pelajari Unix dalam Unix, bermain-mainlah dengan Unix, berhubungan internet melalui Unix, baca kodenya dan modifikasi. Di Unix Anda akan menjumpai tool pemrograman  yang lebih baik (termasuk C, Lisp, Pyton dan Pearl). Anda akan bersenang-senang dan mendapatkan pengetahuan lebih dari yang anda sadari.

3.       Pelajari Worl Wide Web
Maksudnya lebih dari sekedar menggunakan browser, tetapi mempelajari cara menulis HTML, bahasa markup Web.

4.       Pelajari Jaringan Komputer
Jaringan komputer yang menghubungkan kita dengan orang lain di internet, sehingga perlu mempelajari Jaringan Komputer.

Semakin banyak dari hal-hal diatas yang sudah anda kerjakan, semakin besar kemungkinan anda adalah calon hacker berbakat.

Posting Komentar

 






lt;script type="text/javascript">